Ajang Penghargaan Seniman Teater Kembali Digelar

Written By rajablos on Selasa, 10 Desember 2013 | 00.56


Yogyakarta - Sebagaimana tradisi yang telah berlangsung sejak pertama kali berdiri di tahun 2004, Federasi Teater Indonesia (FTI) akan kembali menyelenggarakan acara utama jelang akhir tahun, Malam Anugerah FTI Award. Pada tahun 2013 ini, Malam Anugerah FTI Award akan berlangsung untuk kedelapan kalinya.


Lima orang dewan juri, telah memilih "Tokoh Teater Tahun Ini" yang merupakan penghargaan tertinggi dalam dunia teater di tanah air dan telah diberikan kepada WS Rendra (2006), Putu Wijaya (2007), Nano Riantiarno (2008), Slamet Raharjo Djarot (2009), Wisran Hadi (2010), Saini KM (2011), dan Rahman Arge (2012). Tahun ini, penghargaan akan dipersembahkan kepada tokoh teater senior dari Yogyakarta, Prof. Dr. Bakdi Soemanto.


Dosen UGM yang juga penulis ini lahir di Solo, Jawa Tengah, 29 Oktober 1941. Bernama asli Soebakdi. Ayahnya RM Soemanto wafat, ketika ia berusia 13 tahun. Setelah menamatkan pendidikan SMA bagian A (Sastra), ia melanjutkan pendidikannya di jurusan Sastra Inggris Fakultas Sastra UGM (lulus tahun 1977).


Setelah itu mengikuti ‘American Studies Program’ di Universitas Indonesia (1982), menyelesaikan program pascasarjana di Universitas Gadjah Mada/UGM( 1985), meraih gelar Doktor dalam Ilmu Sastra dari UGM (2002) dengan disertasi berupa penelitian terhadap drama karya Samuel Becket, ‘Waiting for Godot’.


Sejak dua tahun lalu, FTI juga memberikan penghargaan “Maecenas FTI” kepada tokoh yang telah memberi kontribusi dan dedikasi yang intens dan signifikan pada seni pertunjukan dan kesenian pada umumnya. Penghargaan ini telah diberikan kepada Jakob Oetama (2011) dan Sri Sultan Hamengkubuwono X (2012). Untuk tahun ini, "Maecenas FTI" akan dianugerahkan kepada Victor Hartono.


Kedua penghargaan akan diserahkan dalam satu acara yang diselenggarakan di Hotel Ina Garuda Yogyakarta pada tanggal 20 Desember mendatang.


Secara khusus FTI Award dirancang sebagai sebuah aksi panggung yang unik, dihadiri anggota Dewan Kehormatan FTI seperti Jero Wacik, Soegeng Sarjadi, Nabiel Makarim, Fasli Jalal, Nano Riantiarno, KGR Ratu Hemas, Sri Sultan Hamengkubowono dan Wakil Presiden RI, Dr. H. Boediono, beserta tokoh-tokoh Nasional lain.


Acara akan diisi oleh pentas apresiasi dari tokoh-tokoh teater terkemuka dan kesenian lain seperti Aning Katamsi, Didik Nini Towok, Jemek Supardi, Putu Wijaya, Slamet Rahardjo, dan sejumlah seniman/budayawan. Paca puncak acara akan tampil teaterawan terkemuka Putu Wijaya, Saini KM, Butet Kertaredjasa budayawan, akademisi, pengusaha dan politikus.


Sejumlah ucapan selamat akan dikemas melalui pertunjukan sulap, pantomim, seni tradisi dan penampilan kejutan lainnya.


Anda sedang membaca artikel tentang

Ajang Penghargaan Seniman Teater Kembali Digelar

Dengan url

http://naturalhealthybeautifulskin.blogspot.com/2013/12/ajang-penghargaan-seniman-teater.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Ajang Penghargaan Seniman Teater Kembali Digelar

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Ajang Penghargaan Seniman Teater Kembali Digelar

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger