Impor Daging Sapi Perlu Dipercepat

Written By rajablos on Selasa, 12 Februari 2013 | 00.02





Impor Daging Sapi Perlu Dipercepat





Penulis : Fabio Lopes | Senin, 11 Februari 2013 | 23:03 WIB












JAKARTA, KOMPAS.com - Komisi IV DPR RI mengharapkan Pemerintah agar secepatnya mendatangkan impor daging sapi pada tahun ini. Hal ini sebagai upaya untuk menekan lonjakan harga daging sapi yang saat sudah mencapai kisaran Rp 90.000 - 110.000.


Hal ini mengemuka dalam rapat dengar pendapat antara Komisi IV DPR RI dengan Syukur Iwantoro Direktur Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan, Direktur Jenderal Perdagangan Luar Negeri Bahrul Chairil dan Dirjen Industri dan Agro Kementerian Perindustrian Benny Wahyudi di Gedung DPR, Jakarta, Senin (11/2/2013).


Ketua Komisi IV M. Romahurmuziy memaparkan bahwa telah terjadi penurunan kuota impor daging sapi di tahun 2012 bila dibandingkan dengan 2011 dalam rangka mengawal program swasembada daging sapi. Hal ini yang menyebabkan pasokan daging sapi imor mengalami penurunan. Oleh karena itu pihaknya mengharapkan dalam dua minggu ini agar impor daging sapi dapat segera terealisasi.


"Dirjen Peternakan tadi sudah mengatakan bahwa kuota impor daging sapi sudah dibagikan lebih awal yakni Desember 2012. Namun teryata hingga 30 januari 2013 belum ada importir yang sudah memasukkan daging sapi impor. Sedangkan untuk sapi bakalan yang memiliki kuota sebanyak 24.000 ton, baru akan didatangkan dalam waktu tiga bulan kedepan," papar Romahurmuziy.   


Romahurmuziy juga melihat bahwa walaupun berdasarkan data dari Badan Pusat Statistik pada tahun 2011 yang bekerja sama dengan pihak Kementerian Pertanian menyatakan bahwa terdapat 14,8 juta sapi potong di Indonesia,  namun hal tersebut tidak ditunjang dengan kelancaran mobilisasi ternak.


Sementara itu Anggota Komisi IV DPR dari Fraksi Partai Amanat Nasional Viva Yoga Mauladi mengatakan bahwa Pemerintah perlu menghadirkan sentra-sentra produksi daging sapi yang dekat dengan daerah yang tinggi kebutuhan konsumsinya. Viva menilai bahwa kenaikan harga yang sapi yang mahal dipicu oleh biaya distribusi yang tinggi.


"Provinsi DKI Jakarta merupakan konsumen daging sapi terbesar di Indonesia. Mereka mendominasi hingga 65 persen dari total konsumsi pertahun sebesar 3,2 juta ekor sapi. Oleh karena itu perlu dibangun di sentra produksi di Propinsi Jawa Barat dan Banten," papar Viva   Syukur.


Ia mengatakan Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan sudah bekerja sama dengan PT KAI untuk menyediakan gerbong yang mengangkut daging sapi dari Jawa Timur menuju Jakarta.


Selain itu Pihaknya juga mengandeng PELNI menyediakan kapal pengangkut sapi dari sentra produksi sapi yang berada di kawasan Indonesia Timur yakni  Sulawesi Selatan, Bali, NTB, dan NTT.



















Anda sedang membaca artikel tentang

Impor Daging Sapi Perlu Dipercepat

Dengan url

http://naturalhealthybeautifulskin.blogspot.com/2013/02/impor-daging-sapi-perlu-dipercepat.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Impor Daging Sapi Perlu Dipercepat

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Impor Daging Sapi Perlu Dipercepat

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger