TA 2013-2014, Pendaftaran Siswa di DKI Gunakan Sistem Zonasi

Written By rajablos on Selasa, 02 Juli 2013 | 00.54





JAKARTA, KOMPAS.com - Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) di DKI Jakarta untuk Tahun Ajaran 2013-2014 akan menggunakan sistem zonasi secara online. Dengan sistem ini, siswa akan diarahkan untuk bersekolah di dekat rumah, sehingga tingkat kemacetan Ibu Kota bisa dikurangi.

"Dengan sistem ini kita bisa memusatkan pergerakan orang dan kendaraan pada zona tertentu," kata Taufik, di Balaikota Jakarta, Senin (1/7/2013).

Taufik menilai, sistem zonasi akan mengurangi tingkat kemacetan secara signifikan, karena ruang gerak manusia dan kendaraan menjadi lebih pendek atau terbatas. Misalnya, jika seorang warga Duren Sawit bersekolah di Duren Sawit, ruang gerak orang tua yang menjemput anaknya dengan kendaraan pribadi akan terbatas di Duren Sawit.

"Pergerakan siswa dan orangtua menjadi dibatasi. Arus lalu lintas dibatasi hanya di sekitar sekolah dan rumah yang menjadi satu zona kelurahan, kemacetan, atau rayon. Ini langkah untuk mengurangi kemacetan," terang Taufik.

Lebih lanjut, Taufik menjelaskan, PPDB sistem zonasi akan dibagi menjadi dua jalur, yaitu jalur umum dan jalur lokal. Jalur umum terdiri dari siswa luar dan dalam Provinsi DKI Jakarta, sementara jalur lokal untuk warga DKI Jakarta, yang akan dibagi berdasarkan tingkat kelurahan, kecamatan, dan rayon sekolah.

PPDB online tingkat Sekolah Dasar Negeri (SDN), Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN) dan Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) negeri tetap diperbolehkan lintas wilayah (kecamatan, kelurahan dan rayon). Namun, kuota penerimaan siswanya dibatasi menjadi hanya 50 persen untuk SDN dan 45 persen untuk SMPN dan SMAN.

"Jalur lokal untuk siswa yang bertempat tinggal di Jakarta dan dibuktikan dengan kartu keluarga (KK). Sedangkan jalur umum untuk calon peserta didik baru yang rumahnya di Jakarta dan di luar Jakarta, yang berbeda kelurahan, kecamatan, maupun rayon sekolah," ujar Taufik.




Editor : Tjatur Wiharyo




















Anda sedang membaca artikel tentang

TA 2013-2014, Pendaftaran Siswa di DKI Gunakan Sistem Zonasi

Dengan url

http://naturalhealthybeautifulskin.blogspot.com/2013/07/ta-2013-2014-pendaftaran-siswa-di-dki.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

TA 2013-2014, Pendaftaran Siswa di DKI Gunakan Sistem Zonasi

namun jangan lupa untuk meletakkan link

TA 2013-2014, Pendaftaran Siswa di DKI Gunakan Sistem Zonasi

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger