Partai Demokrat Harus Segera Pilih Ketua Umum Baru

Written By rajablos on Selasa, 05 Maret 2013 | 00.22


JAKARTA, KOMPAS.com - Setelah lebih dari sepekan Anas Urbaningrum menyatakan berhenti dari jabatan ketua umum, Partai Demokrat diharapkan segera menggelar Kongres Luar Biasa (KLB) untuk memilih ketua umum baru.




Dengan pemimpin baru, partai itu dapat memperkuat konsolidasi, menggerakkan mesin partai, dan mempersiapkan diri untuk Pemilu 2014.


-- Philips J Vermonte




"Dengan pemimpin baru, partai itu dapat memperkuat konsolidasi, menggerakkan mesin partai, dan mempersiapkan diri untuk Pemilu 2014," kata peneliti Centre for Strategic and International Studies (CSIS), Philips J Vermonte, di Jakarta, Senin (4/3/2013).


Konflik di Partai Demokrat masih berlanjut, meski Anas Urbaningrum menyatakan berhenti dari jabatan ketua umum setelah ditetapkan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) sebagai tersangka kasus dugaan korupsi pembangunan sarana olahraga di Hambalang, Bogor.


Presiden Susilo Bambang Yudhoyono, yang juga Ketua Majelis Tinggi dan Ketua Dewan Pembina Partai Demokrat, di Jakarta, Minggu (3/3), berharap Anas Urbaningrum terbebas dari dakwaan dan dinyatakan tidak bersalah dari kasus hukumnya.  


Menurut Philips J Vermonte, Partai Demokrat jangan terus membiarkan konflik internal melemahkan partai dan menurunkan elektabilitasnya di mata publik. Setelah jabatan ketua umum ditinggalkan Anas Urbaningrum, Partai Demokrat harus segera menggelar Kongres Luar Biasa (KLB) sebagai mekanisme demokratis untuk memilih ketua umum baru. Dengan kepemimpinan yang jelas, partai itu akan bisa menjalankan mesin partai, memperkuat konsolidasi, dan menyongsong Pemilu 2014.  


"Pemimpin baru itu jangan merangkap jabatan publik sehingga bisa mencurahkan energi sepenuhnya untuk membangun ulang infrastruktur partai dan menanamkan ideologi partai sampai ke tingkat bawah. Sebaiknya sosok itu kader internal sendiri dan harus bersih agar tidak rentang terjerat kasus seperti Anas. Penting juga mempertimbangkan pengalaman politik dan organisasi," katanya.  


Partai Demokrat harus berani menindaklanjuti langkah-langkah keputusan Majelis Tinggi. Seleksi kembali para pengurus partai dengan mengutamakan orang-orang yang memang setia untuk mengembangkan partai. Para loyalis Anas harus rela bergabung dengan kepemimpinan baru atau   mencari lembaga baru yang sesuai dengan idealismenya.  


"Ketua umum baru itu harus bekerja cepat untuk memenuhi tenggat setoran daftar caleg sementara kepada Komisi Pemilihan Umum (KPU) pada April nanti. Ini harga yang harus dibayar dengan kemelut ini," katanya. 












Anda sedang membaca artikel tentang

Partai Demokrat Harus Segera Pilih Ketua Umum Baru

Dengan url

http://naturalhealthybeautifulskin.blogspot.com/2013/03/partai-demokrat-harus-segera-pilih.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Partai Demokrat Harus Segera Pilih Ketua Umum Baru

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Partai Demokrat Harus Segera Pilih Ketua Umum Baru

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger